PBB Desak Gencatan Senjata di Libya

Tripoli, MINA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) António Guterres Sabtu (4/1) mendesak di di mana Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui internasional memerangi pasukan yang berafiliasi dengan Jenderal Khalifa Haftar.

“Sekretaris Jenderal Antonio Guterres menginginkan kembali ke dialog politik oleh semua pihak,” kata PBB dalam sebuah pernyataannya.

“Setiap dukungan asing kepada pihak-pihak yang bertikai hanya akan memperdalam konflik yang sedang berlangsung dan semakin mempersulit upaya mencapai solusi politik yang damai dan komprehensif,” kata pernyataan tersebut, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Pernyataan itu menegaskan, bahwa pelanggaran terus-menerus dari embargo senjata Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang diberlakukan pada 2011 akan memperburuk keadaan.

“Kepatuhan ketat terhadap embargo sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung untuk menghentikan permusuhan,” kata peryataan tersebut.

Sejak penggulingan pemimpin lama Muammar Khaddafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya: satu di Libya timur didukung terutama oleh Mesir dan Uni Emirat Arab dan satu lagi di Tripoli, yang mendapat pengakuan PBB dan internasional. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.