PBB DESAK PEMIMPIN EROPA AMBIL TINDAKAN TERHADAP KRISIS MIGRAN

Seorang migran Muslimah menunggu turun dari kapal Angkatan Laut Italia setelah diselamatkan di Laut Mediterania. (Foto: AP)
Seorang Muslimah menunggu turun dari kapal Angkatan Laut Italia setelah diselamatkan di . (Foto: AP)

New York, 2 Rajab 1436/21 April 2015 (MINA) – Para pemimpin harus mengambil pendekatan lebih canggih, lebih berani dan lebih berperasaan untuk menghadapi krisis migran  yang terus marak   menyeberang ke Eropa.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh pada Senin (20/4), sehari setelah kapal yang diduga membawa lebih 900 migran terbalik dan tenggelam di Laut Mediterania, hanya 28 selamat dan 24 mayat ditemukan oleh Penjaga Pantai Italia.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Zeid Ra’ad Al-Hussein mengatakan dalam pernyataan itu, ia tidak terkejut dengan tragedi terbaru yang terjadi.

“Ini orang tewas dan ratusan orang lainnya telah mendahului mereka dalam beberapa bulan terakhir,” kata Al-Hussein.

Dilaporkan migran itu umumnya beragama Islam yang datang dari negara-negara yang dilanda konflik atau negara yang bermasalah lainnya.

Al-Hussein juga meminta pemerintah Eropa untuk mengambil tindakan dan menghidupkan kembali program penyelamatan migran Mare Nostrum.

Menurutnya, upaya program pencarian dan penyelamatan migran saat ini benar-benar tidak memadai dan lebih mengarah kepada “kontrol perbatasan dan kepolisian laut dari pada menyelamatkan nyawa”.

“Menghentikan penyelamatan para migran yang bermasalah tidak menyebabkan migrasi menurun atau berkurangnya penyelundupan, tetapi hanya menimbulkan banyak kematian di laut,” kata Al Hussein.

Menurut Badan Pengungsi PBB, lebih 35.000 migran telah tiba di Eropa selatan dengan perahu selama tahun 2015.

Lebih 1.600 orang telah tenggelam di Laut Mediterania tahun ini. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0