PBB Desak Semua Negara Berhenti Deportasi Warga Afghanistan

Kabul, MINA – Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mendesak semua negara untuk berhenti mendeportasi warga Afghanistan, sembari juga menyatakan keprihatinan yang mendalam atas meningkatnya risiko akibat perang di negara itu.

“Kami menyerukan kepada otoritas semua negara untuk segera menghentikan pemulangan paksa warga Afghanistan, banyak dari mereka mungkin membutuhkan perlindungan pengungsi,” kata Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dalam pernyataan tertulisnya. Dikutip dari MEMO, Jumat (3/12).

UNHCR menegaskan, pemulangan paksa dalam keadaan tersebut, bertentangan dengan prinsip non-refoulement dan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum Internasional.

Deportasi warga Afghanistan telah melonjak dari Pakistan, Iran dan Tajikistan sejak Agustus.

Menurut UNHCR, rata-rata 3.000 warga Afghanistan dikirim kembali setiap hari dari Iran antara Agustus dan November, sementara Pakistan mendeportasi 1.800 warga Afghanistan antara September dan Oktober.

Sebanyak 23 pencari suaka Afghanistan, termasuk wanita dan anak-anak, juga dideportasi dari Tajikistan pada bulan lalu.

Pasukan Taliban berhasil mengambil alih kekuasaan pemerintahan pada 15 Agustus, ratusan orang telah meninggalkan Afghanistan karena situasi yang memburuk, diperburuk oleh keputusan Washington untuk memblokir miliaran dolar dari cadangan devisa Kabul.

Beberapa organisasi Internasional juga telah memperingatkan krisis kemanusiaan yang membayangi di negara itu. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.