PBB DUKUNG SEMINAR MEDIA UNTUK PERDAMAIAN DI TIMUR TENGAH

(Foto: IINA)
(Foto: IINA)

Astana, Kazakhstan 11 Sya’ban 1436/29 Mei 2015 (MINA) – Perserikatan Bangsa- Bangsa akan  mendukung pelaksanaan Seminar Media untuk Perdamaian di Timur Tengah, Sekjen.PBB Ban Ki-moon menyampaikan dalam pesan tertulis kepada peserta  seminar media internasional dua hari  di Astana, ibukota Kazakhstan.

“Media pluralistik penting dalam meliput konflik Israel-Palestina dan dalam meliput dinamika regional Timur Tengah yang lebih luas dalam dunia digital yang serba cepat saat ini,” kata Moon dalam pesan yang disampaikan Cristina Gallach, Wakil Sekjen. PBB bidang Komunikasi dan Informasi Publik.

International Islamic News Agency (IINA) seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat, melaporkan, Ban mengatakan, Seminar Media mengenai Perdamaian di Timur Tengah, diharapkan juga akan dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman antara Israel dan Palestina.

Demikian juga untuk meningkatkan dinamika media dalam hubungan dengan  situasi yang berkembang di wilayah tersebut, katanya.

Seminar ini juga diharapkan akan mengeksplorasi tantangan yang dihadapi media dalam meliputi konflik Israel-Palestina, dan meneliti peran media sosial  melaporkan berita  peran media pada masa konflik,  termasuk pertempuran di Gaza akibat invasi Israel pada tahun 2014 yang lalu.

“Dengan dukungan dan keterlibatan, kita dapat bekerja sama untuk menjadikan jurnalisme berkembang dan terus mempromosikan perdamaian, pemahaman dan saling menerima,” kata diplomat senior Korea Selatan itu  melalui pesannya.

Sekjen PBB juga menegaskan kembali,  pendudukan  Israel atas wilayah Palestina sejak  tahun 1967 harus diakhiri.

Sekjen PBB telah berulang kali meminta semua pihak untuk melanjutkan pembicaraan damai dan memenuhi aspirasi untuk penyelesaian “dua negara”, membentuk Palestina sebagai sebuah negara merdeka, berdaulat dan layak, bersama Israel, untuk hidup bersama dengan aman. (T/Imt/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0