PBB: Dunia Alami Bahaya Krisis Air Global

Sekjen Antonio Guterres. (Foto: News Pakistan)

New York, MINA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan soal bahaya air global, dengan menekankan bahwa “kelangkaan air adalah masalah besar”.

“Dengan kebutuhan yang diproyeksikan akan meningkat lebih dari 40 persen pada pertengahan abad ini, dan dampak perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan, krisis air menjadi perhatian besar,” kata Guterres saat peluncuran the International Decade for Action on Water for Sustainable Development.

Dekade Internasional yang diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Air Sedunia akan berlaku selama 2018-2028, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Guterres mengatakan, satu dari empat orang akan tinggal di negara-negara yang kekurangan air tawar. Hal ini akan semakin parah atau berulang pada tahun 2050.

“Hari ini, 40 persen orang di dunia terkena dampak krisis air, 80 persen air limbah dibuang ke lingkungan dan lebih dari 90 persen bencana terkait air,” ungkap Guterres.

“Lebih dari dua miliar jiwa kekurangan akses ke air bersih, sementara lebih dari 4,5 miliar orang kekurangan layanan sanitasi yang memadai,” tambah Guterres. (R/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.