PBB Kecam Warga Israel Bunuh Ayah dari Empat Anak

Ankara, MINA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam serangan mematikan terhadap warga Palestina yang ayah dari empat anak, di kota Ramallah, Tepi Barat, pada Selasa (29/1). Demikian Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

“Kami sangat prihatin dengan serangan berlarut-larut dan sangat keras terhadap warga Palestina di desa Tepi Barat,” demikian disampaikan juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), Rupert Colville mengatakan dalam sebuah catatan singkat pers, pada Senin (28/1).

Colville menyatakan Hamdi Taleb Na’asan, ayah empat anak Palestina berusia 38 tahun, ditembak mati di desa distrik Al-Mughayer dekat kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki.

Ia menambahkan, sekelompok hampir 30 warga Israel menggunakan amunisi aktif dilaporkan menyerang petani Palestina di ladang mereka, dan melukai total 20 warga desa, tiga dalam kondisi kritis.

“Tiga lagi warga Palestina terluka oleh amunisi aktif setelah intervensi pasukan keamanan [Israel],” ujar Colville.

Sebelumnya pada Sabtu, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa seorang warga Palestina mati syahid dalam serangan pasukan Israel dan pemukim Yahudi.

Menurut angka Palestina, lebih dari 700.000 pemukim Yahudi sekarang hidup di 196 pemukiman (dibangun dengan persetujuan pemerintah Israel) dan lebih dari 200 pos-pos pemukim (dibangun tanpa persetujuannya) di Tepi Barat yang diduduki.

Hukum Internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai “wilayah pendudukan” dan menganggap semua aktivitas pembangunan permukiman Yahudi di tanah itu ilegal. (T/iss/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)