PBB Lakukan Pembicaraan dengan Israel Bahas Penutupan Tujuh LSM

New York, MINA – mengatakan pihaknya melakukan pembicaraan dengan pihak berwenang Israel atas penutupan tujuh LSM sipil Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki.

“Badan-badan PBB yang bekerja di Wilayah Palestina yang diduduki mengatakan mereka dan mitra mereka menganggap serius tuduhan pendanaan terorisme dan tuduhan Israel atas tujuh organisasi Palestina sebagai ‘organisasi teror’ dan/atau ‘melanggar hukum’,” Farhan Haq, Wakil Juru Bicara PBB Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, mengatakan dalam pernyataan, Anadolu melaporkan, Sabtu (20/8)

Dia mengatakan langkah Israel semakin membatasi kemampuan hak asasi manusia, pekerjaan kemanusiaan dan pembangunan di Wilayah Palestina yang diduduki.

Haq mengatakan pihak berwenang Israel tidak memberikan “bukti kuat” kepada PBB yang mendukung penunjukan mereka terhadap .

Dia meminta Israel menahan diri dari tindakan apa pun yang akan mencegah organisasi-organisasi ini melanjutkan pekerjaan hak asasi manusia, kemanusiaan, dan pembangunan mereka yang kritis di Wilayah Palestina yang diduduki.

Pada hari Kamis, tentara Israel menyerbu markas tujuh LSM Palestina di Ramallah dan menyatakan mereka tutup. Langkah itu dilakukan setelah militer menyebut organisasi-organisasi ini sebagai “kelompok teror”. LSM menuduh Israel berusaha untuk membungkam kritik dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan Washington “khawatir” tentang penutupan itu dan telah menyampaikan pesan bahwa harus ada batasan yang sangat tinggi untuk mengambil tindakan terhadap organisasi masyarakat sipil.

LSM yang digerebek adalah Addameer Prisoner Support and Human Rights Association, Al-Haq Center, Bisan Center for Research and Development, Union of Palestine Women’s Committees, Union of Health Work Committees, Union of Agricultural Work Committees, dan Defense untuk Anak Internasional – Palestina. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.