PBB Luncurkan Rencana Bantuan $1,9 miliar untuk Sudan

Jenewa, MINA – PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) pada Selasa (11/1) merilis rencana bantuan tanggap kemanusiaan senilai $1,9 miliar untuk mendukung Sudan pada 2022.

“Hari ini, kami juga meluncurkan Rencana Tanggap Kemanusiaan untuk 2022, yang bertujuan untuk menjangkau 10,9 juta orang yang rentan dengan biaya $1,9 miliar. Hampir setengah dari dana ini akan digunakan untuk kegiatan penyelamatan jiwa,” kata Stéphane Dujarric, Juru Bicara Sekretaris -Jenderal, saat konferensi pers, Anadolu melaporkan.

“Sudan mengalami peningkatan kebutuhan kemanusiaan, yang sebagian besar didorong oleh resesi yang dimulai pada 2018, serta kerawanan pangan akut, konflik, perpindahan skala besar, bahaya alam, dan berkurangnya layanan sosial dan kapasitas untuk merespons penyakit wabah, termasuk virus COVID-19,” tambahnya.

Menurut pejabat PBB itu, Rencana Tanggap Kemanusiaan yang baru akan memberikan bantuan di bidang-bidang seperti kesehatan; pencegahan dan pengobatan penyakit serta akses ke pendidikan, mata pencaharian dan air juga sanitasi.

Organisasi kemanusiaan memperkirakan sekitar 14,3 juta pria, wanita dan anak-anak di seluruh Sudan akan membutuhkan bantuan, termasuk di wilayah Darfur, di mana setengah dari orang-orang diperkirakan sangat rentan. (T/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.