PBB Sambut Pemilu Palestina Sebagai ‘Langkah Menuju Persatuan

New York, MINA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyambut baik pengumuman Presiden Palestina Mahmoud Abbas tentang pemilihan parlemen dan presiden yang pertama dalam 15 tahun, dijadwalkan pada Mei dan Juli tahun ini.
“Penyelenggaraan pemilu di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, dan Gaza akan menjadi langkah penting menuju persatuan Palestina” dan akan “memberikan legitimasi baru kepada lembaga-lembaga nasional, termasuk Parlemen dan Pemerintah yang dipilih secara demokratis di Palestina,” kata Guterres. demikian Wafa melaporkan, Ahad (17/1).
Ia mengharapkan bahwa pemilihan parlemen yang direncanakan pada bulan Mei, dan pemilihan presiden pada bulan Juli, akan memulai kembali proses menuju solusi dua-negara sesuai garis pra-1967 dan resolusi PBB yang relevan, perjanjian bilateral dan hukum internasional. ”
“PBB siap mendukung upaya di pihak Palestina untuk dapat menggunakan hak-hak demokrasi penuh,” Guterres meminta otoritas Palestina “untuk memfasilitasi, memperkuat dan mendukung partisipasi politik perempuan sepanjang siklus pemilu. (T/R4/P1)
Mi’raj News Agency (MINA)