Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB: SEPARUH MIGRAN YANG DATANG KE EROPA ADALAH PENGUNGSI

Rudi Hendrik - Selasa, 12 Mei 2015 - 17:48 WIB

Selasa, 12 Mei 2015 - 17:48 WIB

363 Views

Sebagian migran yang datang ke Eropa adalah pengungsi yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan hidupnya. (Foto: dok. Times of Malta)

MIGRAN-27-300x193.jpg" alt="Sebagian migran yang datang ke Eropa adalah pengungsi yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan hidupnya. (Foto: dok. Times of Malta)" width="300" height="193" /> Sebagian migran yang datang ke Eropa adalah pengungsi yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan hidupnya. (Foto: dok. Times of Malta)

New York, 23 Rajab 1436/12 Mei 2015 (MINA) – Perwakilan khusus PBB untuk migrasi internasional Peter Sutherland mengatakan, kepada Dewan Keamanan PBB, sekitar setengah dari puluhan ribu orang yang mencapai Eropa melalui laut, memenuhi syarat sebagai pengungsi.

Sutherland memuji rencana sistem kuota Uni Eropa, di mana negara anggota akan berbagi beban untuk menyediakan pemukiman bagi pengungsi, Al-Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (12/5).

Namun, negara anggota terkuat seperti Inggris dan negara-negara Eropa Timur, telah menentang rencana itu, di mana Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menyebutnya “proposal gila”.

Komisi Eksekutif Uni Eropa pada Rabu pekan lalu mengusulkan salah satu rencana strategi untuk membantu Italia, Yunani dan Malta dalam mengatasi ribuan migran yang terus datang bergelombang dari daratan Afrika Utara, karena ketiga negara tersebutlah tempat pelabuhan pertama bagi para migran dari Afrika dan Timur Tengah.

Baca Juga: Anggota Parlemen Inggris Desak Setop Kirim Senjata ke Israel

Pejabat keamanan Perancis pada Senin mengatakan, negaranya mendukung rencana tersebut.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan, pemerintah Eropa akan berbuat lebih banyak untuk meningkatkan operasi pencarian dan penyelamatan terhadap migran di Laut Mediterania, termasuk kemungkinan adanya penempuan jalur hukum.

“Pembongkaran pedagang manusia adalah cara untuk menyelamatkan nyawa (migran),” katanya.

Uni Eropa juga telah mengajukan permohonan bantuan kepada Dewan Keamanan PBB dalam operasi “melawan gelombang pertumbuhan penyelundupan migran dari Afrika Utara”.

Baca Juga: Xi Jinping: Gencatan Senjata Ukraina Demi Semua Orang

“Kita tidak bisa melakukannya sendiri, ini harus menjadi upaya umum dunia, itu sebabnya kami mengandalkan dukungan Anda (DK PBB) untuk menyelamatkan nyawa dan membongkar organisasi kriminal yang mengeksploitasi keputusasaan rakyat,” kata Mogherini kepada Dewan Keamanan. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Putin Pertimbangkan Pengerahan Nuklir di Dekat Negara NATO

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Sosok
Internasional
Palestina
Internasional
Internasional
Khutbah Jumat
Palestina
Internasional
Indonesia