PBB Serukan Israel Cabut Blokade Gaza

Gaza, MINA – Ursula Mueller, Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan setelah menyelesaikan kunjungan enam hari ke wilayah Palestina dan Israel, menyerukan kepada Israel untuk mengakhiri blokade Gaza.

Seruan ini disampaikan Juru Bicara Sekretaris Jenderal Stéphane Dujarric, dalam konperensi pers di Markas Besar PBB, New York, Rabu (22/1).

Mueller mengatakan komunitas internasional harus terus menawarkan bantuan reguler dan berkelanjutan kepada Palestina sampai solusi politik tercapai.

Juru Bicara Sekjen PBB juga mengatakan Mueller telah memperbarui komitmen PBB untuk menangani kebutuhan kemanusiaan di semua wilayah Palestina yang diduduki dan menyerukan solusi jangka panjang, termasuk mencabut blokade Israel di Gaza.

Lebih dari dua juta warga Palestina di Jalur Gaza berada di bawah pengepungan ketat Israel, yang telah berlangsung sejak 2006.

PBB sebelumnya telah memperingatkan bahwa Jalur Gaza akan menjadi “tidak dapat dihuni” pada tahun 2020 sebagai akibat dari tindakan keras Israel. (T/B03/ara/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Comments are closed.