PBB Tempatkan Masood Azhar Pakistan Dalam Daftar “Teroris Global”

Pemimpin Jaish-e-Muhammad (JeM) Masood Azhar. (Foto: dok. Newz Hook)

New York, MINA – menambahkan , pemimpin kelompok bersenjata yang bermarkas di Pakistan, ke dalam daftar “” pada Rabu (1/5).

tentang Islamic State (ISIS) dan Al-Qaeda mengumumkan dalam siaran pers bahwa Azhar – pemimpin Jaish-e-Muhammad (JeM) – memiliki hubungan dengan Al-Qaeda, demikian Al Jazeera melaporkan.

JeM mengaku bertanggung jawab atas serangan 14 Februari di wilayah Kashmir yang menewaskan 40 tentara India dan memicu ketegangan antara India dan Pakistan.

Sebelumnya, Cina memblokir tiga upaya Komite Sanksi untuk memasukkan Azhar ke daftar hitam dan melakukan penundaan teknis terhadap permintaan Inggris, Perancis dan Amerika Serikat pada bulan Maret.

Azhar mendirikan JeM pada tahun 2000 setelah dibebaskan dari penjara India. JeM sendiri telah masuk dalam daftar “teroris” PBB sejak 2001.

Di bawah keputusan itu, Azhar, yang dianggap sebagai pendiri JeM, akan dikenakan pembekuan aset, larangan global, dan embargo senjata.

Komite Sanksi PBB menuduh Azhar berpartisipasi dalam pembiayaan, perencanaan, memfasilitasi, mempersiapkan, melakukan tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh JeM.

Para diplomat PBB mengatakan, permintaan itu kembali diajukan ke Komite Sanksi dan kali ini Cina tidak menentang langkah itu. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.