PBB Terjunkan Bantuan Kemanusian Ke Kota Suriah

New York, 3 Rajab 1437/12 April 2016 (MINA) – Perserikatan Bangsa-Bangsa () telah melakukan penerjunan kemanusiaan pertama kali ke kota , Senin (11/4).

Pada Ahad, paket bantuan makanan dari Program Pangan Dunia (WFP) yang diterjunkan ke kota timur Deir ez-Zor, dimana sekitar 200.000 warga sipil telah dikepung oleh militan ISIS sejak Maret 2014.

“Penerjunan bantuan pangan WFP tersebut merupakan  yang pertama kalinya yang mencapai bagian yang terkepung di kota itu sejak Maret 2014,” kata WFP dalam pernyataannya, sebagaimana World Bulletin melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebelumnya PBB menerjunkan paket bantuan pada bulan Februari, tapi mengalami kegagalan.

“Pada 24 Februari, WFP melaksanakan penerjunan yang pertama kali dan menjatuhkan 21 ton bantuan pangan,” kata pernyataan itu.

“Namun mengalami kendala teknis saat beberapa palet melewati zona degradasi dan sejumlah rusak saat parasut mereka tidak berfungsi dengan baik”.

WFP mengatakan  Ahad (10/4), badan itu telah menyerahkan 20 ton metrik pasokan makanan cukup untuk memberi makan 2.500 orang selama satu bulan.

WFP juga berencana menerjunkan untuk Deir ez-Zor, dimana ISIS tidak akan mengizinkan akses bantuan darat.

Pada Januari, badan-badan kemanusiaan PBB mengatakan, warga kota Suriah kebanyakan perempuan dan anak-anak, menghadapi kondisi memburuk sehingga bantuan kemanusiaan mendesak diperlukan di tengah laporan kasus yang parah karena kekurangan nutrisi dan kematian.

Sementara itu, PBB telah menyerukan kepada pemerintah Suriah guna menghormati janjinya untuk memungkinkan bantuan ke daerah-daerah terpencil dan terkepung setelah permintaan untuk mengirim bantuan ditolak pekan lalu oleh rezim Suriah. (T/P002/R01)

Mi’raj Islamic NewsAgency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.