PBB: Yaman Dilanda Wabah Kolera Terburuk di Dunia

Pasien di ruang rawat kesehatan (Al-Jazeera)

Shan’a, 6 Syawwal 1438/30 Juni 2017 (MINA) – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam rilisnya menyebutkan, kini sedang dilanda wabah terburuk di dunia.

Menurut angka terbaru, lebih dari 1.300 orang telah meninggal sejak akhir April akibat infeksi bakteri yang sangat menular, yang bisa membunuh dalam hitungan jam jika tidak diobati.

Ada lebih dari 200.000 kasus kolera yang menjalar di negara ini dan rata-rata 5.000 kasus baru tercatat sehari, Al-Jazeera melaporkan Rabu (28/6/2017), yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Penyakit kolera atau tha’un merupakan penyakit menular di saluran pencernaan akibat bakteri yang masuk melalui air terkontaminasi atau makanan tak layak.

PBB menyalahkan kesalahan tersebut pada semua pihak yang terlibat dalam konflik yang sedang berlangsung di negara miskin di kawasan Timur Tengah tersebut.

Pada tahun 2015, Arab Saudi dan sekutunya meluncurkan serangan udara yang ditujukan untuk menghancurkan militer Houthi dan mendukung pemerintah Yaman yang diakui PBB.

Dua tahun konflik telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, melukai puluhan ribu orang dan mengakibatkan jutaan orang lainnya mengungsi. (T/RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

l

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.