PBNU Umumkan 30 Penerima Beasiswa Al-Azhar

Jakarta, MINA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama () mengumumkan para peserta yang lolos menerima beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar, . Pengumuman dikeluarkan oleh Panitia, Rabu (11/7) petang, di Gedung PBNU, Jakarta Pusat.

Ketua panitia penerimaan beasiswa ke Mesir, Ajat Sudrajat mengatakan terdapat 30 nama yang lolos seleksi beasiswa dan 10 peserta cadangan.

“Kuota beasiswa ke Mesir hanya untuk 30 orang. Ditambahkannya peserta cadangan membuka peluang apabila dari 30 peserta utama ada yang mengundurkan diri,” kata Ajat, sebagaimana keterangan persnya.

Ajat menambahkan para peserta yang dinyatakan lolos diharapkan melengkapi berkas-berkas yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab serta dilegalisir oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dan Kementerian Luar Negeri.

“Kelengkapan berkas ditunggu hingga paling lambat tanggal 19 Juli 2018,” ujar Ajat.

Selain itu, para peserta yang dinyatakan lolos diminta untuk bersiap-siap mengikuti tahap persiapan pemberangkatan ke Mesir. Tahap persiapan ini akan dilakukan selama satu bulan tepatnya pada Agustus 2018 di Depok, Jawa Barat.

“Peserta akan dibekali antara lain Bahasa Arab dan kejurnalistikan. Ilmu jurnalistik diberikan agar mereka bisa membuat tulisan selama kuliah di Mesir,” imbuhnya.

Berikut nama-nama penerima beasiswa ke Universitas Al-Azhar, Mesir:

1. ERJA NUR RIZKI INDRIYANIE
2. ELVANIA DAMAYANTI
3. IA DURROTUNNASHIHAH
4. UMI ROBIAH SHOLIHATIN
5. KHAIR AL NISA IRWAN MAULANA
6. NAILI ZAKIYAH
7. AGHNIYA SYARIFAH
8. ROBI’ATUL ADAWIYAH
9. SARAH SAKINAH
10. SHAUFIATUL AULIA RULFHI
11. NAILUL HUSNA
12. IKRIMATUL AULIYA
13. MUSHLIHATUL MAULA
14. CHAULATUL IMTIYAZ
15. DEWI AMALIA MAYDA
16. M. KHOIRUMAN WAHADA
17. AHMAD FAUZEN
18. NAILUL AUTHON SONHAJI
19. M. THALHAH AL FAYYAD
20. M. FATIH NAUVAL DZAKY
21. M. ADAM RAHMAN
22. SUBUKI ALI YASIN
23. A. FARIQ ASYBAL AUFA
24. A. AQIMUDIN CHOIRI
25. A. FAZA MUTTAQI
26. M. ZILAL
27. IRSYAD ISMAIL ALFATIH
28. M. TEGAR ILHAM
29. FATHURRAZI
30. M. KAVIN RABBANI

Cadangan:

1. A. FATIH FATIL
2. M. ABDULLAH MUBARAK
3. FARIZ AZHAR
4. IBNU GALIH
5. M. ABDUL MUJIB
6. A. AN’IM FALAK
7. M. AZKA AZKIA
8. SHINTA LUTHFIA
9. ASMA NADIA
10. MAHDI ZUL FADHAL

Pemilihan nama penerima beasiswa ini setelah dilakukan ujian seleksi pada Kamis (28/6). Terdapat 210 calon peserta yang mengikuti ujian seleksi. Adapun ujian seleksi terdiri dari ujian tulis dan lisan.

Beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir merupakan kerja sama Univeritas Al-Azhar dengan PBNU. Komitmen kerja sama ini dinyatakan oleh Grand Syaikh Al-Azhar, Ahmad Muhammad ath-Thayeb Rabu (2/5). Kala itu Grand Syaikh berjanji akan memberikan beasiswa untuk para santri melalui NU. (R/R01/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)