PCINU Sudan Buka Peluang Beasiswa Tahun Akademik 2017-2018

PCINU Sudan

Khartoum, 18 Rabiul Akhir 1438/17 Januari 2017 (MINA) – Salah satu program unggulan Lembaga kaderisasi naungan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan adalah mendatangkan mahasiswa baru dari pesantren-pesantren NU di Indonesia melalui program beasiswa yang ada.

Sehubungan dengan dibukanya kembali seleksi penerimaan beasiswa melanjutkan studi di Internasional University of Africa tahun akademik 2017-2018, PCINU Sudan membuka pendaftaran beasiswa bagi putera puteri terbaik alumni Madrasah Aliyah di Indonesia.

Hal tersebut di sampaikan melalui Surat Edaran Beasiswa No. 05/F-e/LKNU-SUDAN/1/2017, yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa (17/1).

Program beasiswa bachelor atau strata satu PCINU Sudan adalah program beasiswa di beberapa Universitas yang ada di Negara Sudan. Dengan fokus pada enam bidang studi, yaitu: fakultas Adab (Sastra), fakultas dirasah Islamiyah (studi Islam), fakultas syariah wal qonun (hukum Islam), fakultas tarbiyah (pendidikan), fakultas lughoh arobiyah (bahas Arab), dan fakultas al Quran.

Dengan adanya program beasiswa ini, Lembaga Kaderisasi Nahdlatul Ulama (LK NU) Sudan mempunyai misi yaitu membangun peradabaan berkeilmuan bagi generasi Nahdlatul Ulama di Indonesia. Agar nantinya bisa menjadi kader yang benar benar bisa diandalkan untuk berdakwah di tengah masyarakat.

Adapun persyaratan yang harus di penuhi adalah:

Persyarata Umum

1. Mampu berbahara arab aktif

2. Berakhlakul karimah

3. Bersedia Berkhidmah di PCINU Sudan

4. Hafal Al-Qur’an minimal 2 Juz (juz 29 dan juz 30)

5. Bersedia membayar biaya administrasi yang telah di tentukan

6. Tidak menerima beasiswa lain.

Persyaratan khusus

Menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:

1. Ijazah dan Transkip Nilai

2. Nilai rata-rata ijazah minimal 7.0

3. Foto

4. Akte lahir

5. Surat keterangan sehat dari rumah sakit terdekat (bebah hepatitis dan Aids)

6. Kartu keanggotaan (KartaNU) atau surat rekomendasi dari kantor NU setempat yang menyatakan anggota NU (MWCNU, PCNU, PWNU, PBNU)

7. Surat rekomendasi dari pesantren atau sekolah asal (berbahasa arab)

8. Surat persetujuan orangtua/wali

Berikut tahap pendaftaran:

1. Membaca dan memahami surat edaran

2. Mengisi formulir Online, http://pcinusudan.com/lembaga/lk-nu/8

3. Mengirim file data yang sudah tertera di surat edaran

4. Mengisi pertanyaan test tulis

5. Test interview via media sosial Online

Beasiswa yang di maksud meliputi biaya pendidikan dan asrama mahasiswa. Beasiswa dimaksud tidak meliputi biaya tiket keberangkatan, biaya hidup selama menempuh pendidikan di Sudan, dan biaya setiap daftar ulang setiap semester.

Untuk selanjutnya pengumuman penerimaan mahasiswa baru akan disebar melalui media Online baik website ataupun akun media sosial lainnya. (L/R09/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi