MESIR IZINKAN JAMAAH UMROH GAZA KELUAR DARI  RAFAH

Perbatasan-Rafah-Palestina
Warga sedang menunggu izin untuk melintas di Perbatasan . Foto : Mirajnews.com

Kairo, 19 Rabi’ul Akhir 1436/9 Februari 2015 (MINA) – Seorang pejabat tinggi mengatakan kemarin, Mesir akan membuka penyeberangan Rafah untuk memungkinkan para jamaah Muslim dari Gaza berangkat menunaikan ibadah umroh ke Mekkah, Arab Saudi.

Pejabat itu, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada Ma’an News, Mesir akan berkoordinasi dengan warga di Gaza pada “tingkat kemanusiaan” dan Mesir akan membela Palestina dalam lingkungan internasional.

Sementara itu, ia mengatakan pasukan Mesir akan terus menciptakan zona penyangga 5.000 meter dengan Gaza dan menghancurkan terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang ke Jalur.

Awad Abu Mathkor, kepala perusahaan haji dan umroh di Jalur Gaza, mengatakan kepada Ma’an sebelumnya pada Ahad, sekitar 7.500 warga Palestina yang terdaftar untuk menunaikan ibadah umroh masih menunggu izin untuk meninggalkan wilayah melalui Rafah.

Rafah merupakan jalur penghubung utama antara rakyat Palestina di Gaza dengan dunia luar setelah blokade Israel diberlakukan sejak 2007 lalu.

Blokade telah menyebabkan krisis kemanusiaan, dan saat ini membatasi masuknya bahan bangunan untuk rekonstruksi pasca peperangan tahun kemarin yang dijanjikan masyarakat internasional.(T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0