PEJABAT HAMAS: ISRAEL SETUJU LONGGARKAN PERBATASAN KE GAZA

Mousa Abu Marzouk, Wakil ketua biro politik Hamas. Foto : facebook
Mousa Abu Marzouk, Wakil ketua biro politik . Foto : facebook

, 1 Dzulqo’dah 1435/27 Agustus 2014 (MINA) – menyetujui untuk membuka penyeberangan ke Gaza  guna memungkinkan aliran bantuan kemanusiaan dan bahan bangunan, pemimpin senior Hamas Musa Abu Marzouq mengatakan.

Berbicara kepada Ma’an, Abu Marzouq menambahkan tiga penyeberangan Gaza akan kembali beroperasi selain perbatasan Karem Shalom dan yang sudah beroperasi.

Ditanya tentang batas zona perikanan, Musa mengatakan nelayan Gaza akan diizinkan melaut sejauh 6 mil laut dan zona itu akan diditingkatkan secara bertahap sampai 12 mil laut pada akhir 2014.

“Rekonstruksi Jalur Gaza setelah perang terbaru akan dibahas dalam konferensi di bulan depan,” ujar Abu Marzouq. Pemerintah bersatu nasional akan bertanggung jawab atas pelaksanaannya.

Pejabat Hamas itu juga mengatakan, perjanjian disponsori dan akan dipantau oleh Mesir saja.

“Putaran lain negosiasi Palestina-Israel akan dimulai dari sekarang untuk membahas isu-isu yang belum terselesaikan,” kata Abu Marzouq.

Selain itu, pelarangan dari Ameika Serikat,  Eropa, dan Israel guna mengirimkan uang ke Gaza untuk gaji para karyawan telah dibatalkan. Pemerintah bersatu Palestina akan bekerja untuk mengatur pembayaran gaji tersebut.

Abu Marzouk menunjukkan Israel setuju untuk tidak menargetkan para aktivis perlawanan di Palestina dan mengatakan kesepakatan gencatan jangka lama itu bisa saja terjadi lebih awal jika Israel menyetujui hal tersebut, sebelum korban yang lebih banyak berjatuhan.

Mengenai perbatasan , Marzouq mengatakan pihak Palestina dan Mesir akan  mendiskusikan hal itu dalam waktu dekat mengenai apa yang diperlukan warga Gaza untuk kembali membuka Rafah secara permanen.(T/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0