Pejabat Iran Ingatkan Eropa Tidak Mainkan Permainan AS-Israel

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi (SNSC) Ali Shamkhani bertemu dengan Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi di Teheran, Sabtu, 17 Maret 2018. (Foto: IRNA)

Teheran, MINA – Seorang pejabat senior Iran memperingatkan negara-negara Eropa untuk tidak ikut memainkan permainan Amerika Serikat dan rezim Israel.

“Kemampuan pertahanan, khususnya program rudal, dari Republik Islam Iran, …. akan terus dilanjutkan berdasarkan kebutuhan keamanan nasional,” kata Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi (SNSC) Iran Ali Shamkhani saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Oman Yusuf bin Alawi di Teheran, Sabtu (17/3).

Komentar itu muncul setelah beberapa negara Eropa menanda-tangani kesepakatan nuklir Iran 2015 mengusulkan sanksi baru terhadap Teheran di bawah tekanan Washington.

Reuters yang mengutip dua orang yang mengetahui masalah itu pada Jumat melaporkan, Inggris, Perancis dan Jerman telah mengusulkan sanksi baru terhadap Iran mengenai program rudal Teheran dan peran regionalnya, demikian Press TV melaporkan.

Media itu mengungkapkan, surat usulan gabungan itu dikirim ke ibu kota Uni Eropa, karena untuk mengeluarkan sanksi diperlukan dukungan dari 28 negara anggota blok tersebut. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.