Pekan Kreativitas Mahasiswa PTKIN se-Sumatera Digelar di UIN Raden Fatah

Palembang, MINA – Pekan Kreativitas Mahasiswa () yang diadakan oleha Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Sumatera untuk pertama kali digelar pada Selasa (9/10) di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang.

Acara ini yang diikuti 580 peserta, secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag), Kamaruddin Amin.

Kamaruddin Amin mengapresiasi kegiatan PKM yang di nilai sebagai program yang brillian dan strategis untuk meningkatkan kualitas 4 R yaitu rasio, ruh, raga dan rasa.

“Mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa harus mempunyai kapasitas intelektual (rasio), keagamaan (ruh), olahraga (raga) dan seni bdaya (rasa). Menghadapi revolusi generasi ke-4 dan Indonesia yang majemuk maka dibutuhkan kemampuan intelektual yang tinggi di samping kecakapan moral dan jiwa seni,” katanya saat membuka acara tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan, generasi millenial juga membutuhkan akhlak dan karakter yang baik, maka potensi ruh harus di asah dengan baik. Inilah yang menjadi salah satu ekselensi PTKIN dengan perguruan tinggi lainnya yaitu bagaimana bisa mengkapitalisasi potensi ruh.

Ia juga meminta kepada mahasiswa peserta PKM untuk benar-benar menggunakan kesempatan belajar dan menempa diri di PTKIN dengan baik. Kamar menguraikan ada 70 persen anak muda seusia Anda di Indonesia yang seharusnya bisa belajar pada perguruan tinggi, namun hanya 30 persen yang bisa berkesempatan mengenyamnya.

“Anda semua adalah mahasiswa yang beruntung dan terbuka kesempatan untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” tegasnya.

Kepada peserta Kamaruddin berpesan untuk terus-menerus mengoptimalkan daya kreativitasnya dalam mempersiapkan amanah sebagai pemimpin.

“Selamat berkompetisi dan berlomba berikan yang terbaik untuk institusi anda”, harapnya.

Sementara itu, Sirozi Rektor Palembang mengungkapkan rasa bangga, karena UIN Palembang diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah PKM I PTKIN se-Sumatera.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sarana membangun komunikasi dan jejaring antar mahasiswa PTKIN di wilayah Sumatera,” ujarnya.

Kegiatan PKM diikuti oleh 20 PTKIN se-Sumatera dari 22 PTKIN yang ada dari Lampung hingga Aceh. Ada 30 cabang olahraga, seni dan kreativitas yang diperlombakan.

Kegiatan ini berlangsung mulai pada 8-13 Oktober 2018 di UIN Raden Fatah Palembang. Hadir dalam pembukaan Asisten I Pemprov Sumatera Selatan Ahmad Najib, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara, Pangdam Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Rektor/Ketua dan Wakil Rektor III PTKIN se-Sumatera, Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Islam da tamu undangan lainnya. (R/R10/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.