Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional 2019 Resmi Dibuka

Bandung, MINA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membuka kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII Tahun 2019.

Kegiatan Pospenas ini akan digelar 25-30 November 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Pospenas kali ini melibatkan 3.090 masyarakat pesantren yang terdiri dari 1.541 atlet santri dan 589 seniman santri yang turut didampingi oleh 960 orang official dan pendamping.

Pospesnas ini terdiri dari enam cabor, yakni atletik, bola voli, pencak silat, futsal, senam santri dan cabang hadang. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (25/11).

Sementara pada cabang seni akan memperlombakan cabang kaligrafi Islam, seni kategori hiasan mushaf Al-Quran, cabang pidato tiga bahasa dari Arab, Inggris dan Indonesia. Selain itu, cabang seni lukis islami, canang seni kriya, cabang seni hadrah, cabang cipta dan baca puisi serta cabang stand up comedy juga dilombakan.

Pospenas adalah salah satu media untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi. Pospenas diselenggarakan melalui nota kesepahaman kerja sama antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata yang diketahui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sebagai upaya untuk menyelenggarakan program kegiatan dimaksud. (R/LM/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)