Pelajar Indonesia Borong 28 Medali di Hong Kong Olympiade Internasional Matematika

Pelajar Indonesia Borong 28 Medali di Hong Kong Olympiade Internasonal Matematika (foto:KJRI Hong Kong)

Hong Kong, MINA – Sejumlah pelajar Indonesia berhasil membawa pulang sebanyak 28 medali emas dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Final 2019 yang berlangsung pada 30-31 Agustus 2019.

Sekitar 175 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Indonesia bersaing dengan seribuan peserta dari 29 negara. Selain medali emas, Kontingen Indonesia juga meraih 51 medali perak dan 45 perunggu.

Melengkapi capaian manis tersebut, Indonesia juga meraih 6 penghargaan khusus berhasil dimenangkan oleh Kontingen Indonesia, seperti, gelar World Star (nilai tertinggi nasional) dan Champions (nilai tertinggi di antara para peserta dari seluruh negara).

Menurut siaran pers Konsul Jenderal RI (KJRI) Hongkong, Jumat (6/9), layaknya seluruh peserta HKIMO Final 2019 dari negara lain, putra-putri Indonesia juga sebelumnya telah melalui tahap seleksi di Indonesia.

Di Hong Kong, mereka bersaing dalam 2 tingkatan yang dikompetisikan, yaitu Junior dan Senior.

Dari segi soal, peserta Indonesia harus menghadapi tipe soal yang bervariasi dan berkelas olimpiade internasional. Beruntung, sebagian dari peserta Indonesia telah terbiasa dengan atmosfer kompetisi.

Sementara dari segi negara peserta, Australia dan Filipina menjadi saingan terberat dalam HKIMO Final 2019 ini.

“Kami turut berbangga atas capaian siswa-siswi yang kembali mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk meraih capaian yang lebih baik k depannya.”, ujar Mandala S. Purba, Acting KJRI Hong Kong.

Koordinator Kontingen Indonesia, Ami Triono menyampaikan apresiasi kepada KJRI Hong Kong atas dukungan yang diberikan, terutama melihat dinamika yang terjadi di Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir.

Selanjutnya ia menyampaikan, para peserta yang meraih medali emas akan bertanding dalam World International Mathematical Olympiad (WIMO) di Tokyo pada akhir Desember 2019. (T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)