Pelajaran Bahasa Arab, Bermain Dan Bernyanyi Digemari Siswa

Lampung Timur, 12 Rabi’ul Akhir 1438/11 Januari 2017 (MINA) – Pelajaran Bahasa Arab di pada tingkat MI, MTs dan MA dengan berbagai metode antara lain bermain dan bernyayi dilakukan oleh para guru guna memudahkan serta memicu rasa senang terhadap bahasa Arab yang juga menjadi bahasa dunia disamping bahasa Inggris.

Guru Kelas MI Muhammadiyah Tanjung Inten, Endah Sari Dewi mengatakan, dalam pembelajaran bahasa Arab ada empat keterampilan yang perlu dikuasai oleh pelajar : keterampilan mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah) dan menulis (kitabah).

“Untuk mencapai keempat keterampilan bahasa Arab ini ada berbagai macam metode pembelajarannya,” ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebagai seorang guru bahasa Arab, Endah menyuguhkan beberapa permainan yang menarik untuk melatih keempat keterampilan tersebut. Untuk mengenal dan memudahkan menghafal angka 1 sampai 10,  kelas IA MIM Tanjung Inten Purbolinggo mempelajarinya sambil bernyanyi.

“Untuk membuat antusias dan konsentrasi anak terhadap materi kita lakukan tebak-tebakkan. Siapa yang bisa menjawab pertanyaan dapat hadiah dari guru. Walaupun hanya kue namun membuat mereka berebut untuk menjawab,” tutur Endah.

“Walaupun hanya sederhana namun memberi kesan untuk selalu mengingat materi. Ternyata belajar bahasa Arab itu menyenangkan,” katanya. (T/R05/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)