Pelosi: Tarif Dagang Trump di UE adalah Kesalahan

Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (Foto: AP)

London, MINA – Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengkritik Presiden Donald Trump karena mengenakan tarif pada Uni Eropa (UE) daripada menggabungkan kekuatan ekonomi untuk mengatasi Cina.

“Saya pikir salah satu peluang terbesar adalah AS dan Uni Eropa bergabung bersama – pasar terbesar di dunia, keduanya digabungkan – dan menggunakan pengaruh itu dalam negosiasi dengan Cina,” kata Pelosi pada audiensi di London School of Economics, Senin (15/4).

“Jadi saya tidak senang ketika Presiden mengenakan tarif pada UE karena Anda mulai melemahkan kekuatan itu berhadap-hadapan dengan Cina,” katanya.

Komentar Pelosi muncul sepekan setelah Trump mengancam akan mengenakan tarif barang dari UE senilai 11 miliar dolar, mengutip kerugian yang ditimbulkan oleh subsidi blok terhadap negara tersebut.

Trump juga menggambarkan UE sebagai “musuh” dalam perdagangan, merujuk pada surplus perdagangannya dengan AS sebagai risiko terhadap ekonomi Amerika.

Pertemuan di Luksemburg pada hari Senin, para menteri Uni Eropa menyetujui mandat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan AS. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (fMINA)