Pemantau PBB Tiba di Yaman untuk Gencatan Senjata


Hudaydah, MINA – Kepala Misi PBB yang bertugas memantau gencatan senjata Yaman di kota pelabuhan Al-Hudaydah tiba di Aden pada Sabtu (22/12), menurut sumber setempat.

Patrick Cammaert, seorang pensiunan jenderal Belanda, tiba dengan pesawat PBB dari ibukota Yordania, Amman. Anadolu Agency melaporkan.

Cammaert akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintah di Aden sebelum menuju ke ibukota Sana’a untuk bertemu dengan para pemimpin kelompok bersenjata Houthi.

Pada Jumat (21/12), Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menetapkan resolusi yang disponsori Inggris, untuk menyetujui pengerahan tim PBB guna memantau gencatan senjata Al-Hudaydah.

Pihak-pihak yang bertikai di Yaman sepakat pekan lalu untuk menarik pasukan mereka dari kota pelabuhan Laut Merah dan menyetujui gencatan senjata selama pembicaraan yang disponsori PBB di Swedia.

Pelabuhan Al-Hudaydah adalah jalur hidup utama bagi penduduk sipil Yaman yang terkepung dengan sejumlah besar bantuan kemanusiaan mengalir melalui kota tersebut. (T/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)