Pembicaraan Damai Suriah Dimulai Senin 14 Maret

Presiden Suriah Bashar Al-Assad. (Foto: dok. Konfrontasi.com)
Presiden Bashar Al-Assad. (Foto: dok. Konfrontasi.com)

Jenewa, 4 Jumadil Akhir 1437/13 Maret 2016 (MINA) – Sebuah babak baru Suriah akan dimulai Senin (14/3) yang akan melihat pemerintah dan oposisi Suriah terlibat untuk pertama kalinya dalam diskusi untuk masa depan negara itu.

Negosiasi di markas di Jenewa itu merupakan bagian upaya internasional terbesar sampai saat ini, untuk mengakhiri konflik Suriah yang telah menewaskan lebih 270.000 orang.

Utusan khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengumumkan bahwa pembicaraan akan dimulai pada 14 Maret, menjelang lima tahun konflik Suriah. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Namun, para pengamat mengatakan, kesenjangan yang besar antara pemerintah dengan oposisi akan menyulitkan penyelesaian damai.

Hambatan utama adalah tentang Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Terakhir kali oposisi dan rezim berunding di Jenewa beberapa waktu lalu, bentrokan justeru meningkat di seluruh Suriah, terutama di provinsi utara Aleppo.

Tapi sejak 27 Februari, gencatan senjata yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia cukup meredakan bentrokan, meskipun masih ada pelanggaran di setiap wilayah.

Penurunan kekerasan telah memungkinkan PBB untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke sekitar 240.000 orang di 10 dari 18 daerah terkepung.

Menurut De Mistura, perundingan akan berlangsung selama dua minggu dan pertama akan membahas sebuah pemerintahan baru.

Oposisi utama Suriah, Komite Negosiasi Tinggi (HNC) yang berbasis di Riyadh, telah berulang kali menegaskan bahwa Assad tidak akan memiliki peran dalam Suriah masa depan.

Tapi Joshua Landis, Direktur Pusat Studi Timur Tengah di Universitas Oklahoma mengatakan, agenda itu “tidak realistis”.

Menurutnya, Assad lebih kuat dari sebelumnya, meskipun oposisi dan Barat menyerukan penghentiannya dari pemerintahan Suriah. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.