Pemerintah AS Setujui Penjualan Darurat Senjata Senilai USD106,5 Juta kepada Israel

Peralatan perang Israel di perbatasan Gaza (Foto: File/PNN)

Washington, MINA – Pemerintah telah menyetujui penjualan darurat hampir 14.000 butir amunisi tank senilai US$106,5 juta ke Israel, tanpa menunggu tinjauan kongres, menurut laporan Anadolu Agency.

Israel telah meminta untuk membeli 13.981 peluru tank dan peralatan terkait, demikian Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan Departemen Pertahanan AS mengatakan dalam pernyataan pada hari Sabtu (9/12).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberikan pembenaran rinci kepada Kongres bahwa “ada keadaan darurat yang memerlukan penjualan segera,” tambah pernyataan itu.

Dikatakan bahwa AS, yang memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza pada hari Jumat, berkomitmen terhadap keamanan Israel, dan sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk mendukung Israel mempertahankan pertahanan diri yang kuat.

Setidaknya 17.700 warga Palestina, kebanyakan dari mereka anak-anak dan perempuan, telah terbunuh di Gaza akibat serangan udara dan darat Israel sejak 7 Oktober. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)