Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Jemaah Haji Jalur Gaza

Kemenkes Palestina Mulai Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Jemaah Haji Jalur Gaza. (Photo: Shehab)

Jalur Gaza, MINA – Kementerian Kesehatan memulai kampanye untuk melakukan bagi calon jemaah haji dari Jalur Gaza di semua kota mulai hari ini, Ahad (28/5) hingga Kamis depan.

Dikutip dari Shehab News Agency, Dirjen Bina Kesehatan Dasar Kemenkes, dr. Musa Abed,  mengatakan bahwa ada enam klinik yang didistribusikan dan dilengkapi di kegubernuran Jalur Gaza untuk melayani dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon jemaah haji dari Jalur Gaza sebelum keberangkatannya ke tanah suci.

“Di Kegubernuran Gaza yaitu Pusat Al-Shati dan Pusat Kesehatan Muscat Al-Shujaia, Kegubernuran Utara di Pusat Kesehatan Jamilah Al-Ashi, Kegubernuran Al-Wusta di Pusat Kesehatan Deir Al-Balah, Kegubernuran Khan Yunis di Pusat Kesehatan Shuhada Khan Yunis, dan Kegubernuran Rafah di Pusat Kesehatan Shuhada Rafah,” jelasnya.

Abed menjelaskan, jemaah diberitahu melalui pesan yang dikirim dari Unit Komputer dan Jaringan di Kementerian Kesehatan dengan tanggal yang ditentukan untuk setiap jemaah, menurut pusat terdekat dengan wilayah tempat tinggal, dan jemaah ditekankan untuk mematuhi tanggal tersebut sesuai dengan pesan yang dikirim.

Ia mencontohkan, jemaah dipantau secara sehat dengan mengukur tekanan darah dan gula darah sebagai tindakan preventif bagi pasien non kronis, tindak lanjut kesehatan bagi pasien kronis, serta menyediakan publikasi yang informatif bagi jemaah sebagai langkah preventif untuk menjaga keselamatan jemaah. (T/R12/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.