Pemerintah Jepang Anugerahkan Penghargaan Kepada Jusuf Kalla, Sri Sultan dan Yusron Ihza Mahendra

Jakarta, MINA – Pemerintah Jepang menganugerahkan penghargaan berupa “Bintang Tanda Jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun” kepada tiga orang tokoh nasional Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut adalah HM Jusuf Kalla, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Yusron Ihza Mahendra.

Menurut informasi yang diterima MINA dari laman Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia,  Kamis (5/5), JK begitu sering disebut singkatan Jusuf Kalla, akan berangkat ke Tokyo, Jepang pada Jumat (6/5)  pagi dari Jakarta.

Laman Kedubes Jepang menyebutkan, sebelumnya pada tanggal 29 April 2022, Pemerintah Jepang telah mengumumkan penganugerahan bintang jasa untuk musim semi tahun 2022,  bagi tiga tokoh Indonesia atas jasa-jasa mereka dalam meperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut adalah:

Pertama, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia. Menerima Bintang Tanda Jasa: Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Jasa utamanya, yakni memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Sementara kontribusi terhadap Jepang: Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla menjabat sebagai wakil presiden selama 10 tahun, pada masa pemerintahan Presiden Yudhoyono periode pertama (tahun 2004-2009) dan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama (tahun 2014-2019).

Selama masa jabatan tersebut, JK secara konsisten membantu melakukan kordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia.

Selain itu, JK terus memberikan perhatiannya pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011, di antaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang.

Kedua, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Petahana Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima Bintang Tanda Jasa: The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

Jasa utamanya, yakni memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan, pertukaran antar daerah, serta saling pengertian antara Jepang dan Indonesia.

Adapun kontribusi terhadap Jepang: Sebagai Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pernah menyambut dengan penuh perhatian baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991 maupun kunjungan Putra Mahkota Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Mahkota Kiko pada 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia/tahun persahabatan, sehingga berkontribusi bagi kesuksesan kedua kunjungan tersebut dan peningkatan hubungan kedua negara.

Selain itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan kontribusi bagi pengembangan hubungan persahabatan kedua negara melalui kerjasama daerah antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi dan lain-lain.

Ketiga, Yusron Ihza Mahendra, LL.M, Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Mantan Ketua Liga Parlemen Indonesia-Jepang, menerima Bintang Tanda Jasa: The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.
Jasa utamanya yakni memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan Jepang dan Indonesia dan interaksi anggota parlemen kedua negara.

Kontribusi terhadap Jepang: Dengan kekayaan pengetahuan dan relasi yang diperoleh melalui pengalaman di Jepang selama 13 tahun termasuk pengalaman belajar di Universitas Tsukuba, Yusron Ihza Mahendra merupakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang pertama yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang tinggi, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.