Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemerintah Mulai Bangun Infrastruktur Universitas Islam Internasional Indonesia

Widi Kusnadi - Rabu, 6 Juni 2018 - 08:13 WIB

Rabu, 6 Juni 2018 - 08:13 WIB

0 Views

Jakarta, MINA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meletakkan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6).

Jokowi berharap, universitas dengan desain futuristik tersebut akan menjadi pusat kajian dan penerapan peradaban Islam Indonesia di dunia, khususnya Islam Wasathiyah atau Islam moderat.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim,  hari ini saya letakkan batu pertama pembangunan UIII,” ucap Presiden, sebagaimana ilaporkan Setkab.

Presiden semula merencanakan kampus tersebut harus dibangun di lahan seluas 1.000 hektare. Namun harapan Jokowi membangun kampus di area seluas itu sulit tercapai sebab tidak ada daerah di Pulau Jawa yang memiliki lahan sampai sebesar itu.

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Tampak hadir dalam kesempatan ini,  Menteri Agama Lukman Hakim, Ketua Komisi VIII DPR, para pimpinan dan anggota lembaga negara, duta besar Negara-negara sahabat, Menteri Kabinet Kerja,  Walikota Depok, serta tokoh agama, tokoh masyarakat,  dan pimpinan Perguruan Tinggi.

Jokowi menyampaikan pembangunan UIII menyerap biaya sebesar Rp 3,5 triliun dan telah masuk dalam bagian proyek strategis nasional.

Setelah melalui rapat dengan tim, dipilihlah lahan di Cimanggis, Depok seluas 142,5 hektare.

Pembangunan UIII menjadi tahapan lanjutan setelah Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016.

Baca Juga: MUI Nonaktifkan Dua Pengurus Diduga Terlibat Organisasi Terafiliasi Israel

Berdasarkan master plan, di kawasan UIII itu akan didirikan mulai dari gedung fakultas, gedung rektorat, perpustakaan, gedung serba guna, pusat olahraga, taman cagar alam, taman suaka religi hingga rumah permanen untuk mahasiswa berkeluarga, karyawan dan tenaga pengajar.

Meski direncanakan rampung empat tahun mendatang, namun bangunan fakultas diyakini rampung tahun 2019 dan sudah dapat langsung digunakan. (T/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Presiden Shalat di Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Haji 1445 H
Indonesia
Menlu RI Retno Marsudi Terima Kunjungan Delegasi Biro Komite Palestina PBB. (foto: Infomed Kemlu RI)
Indonesia
Kolom
Khutbah Jumat
Internasional
MINA Sport