Dubes Cina Serahkan Bantuan Perlengkapan Musim Dingin untuk Afghanistan

Xinjiang, MINA – Duta Besar Cina untuk Afghanistan, Wang Yu menyerahkan bantuan senilai 300 juta yuan ( Rp670 miliar) untuk masyarakat Afghanistan.

Penyerahan secara simbolis diberikan kepada Wakil Menteri Penanggulangan Bencana di bawah pemerintah sementara Afghanistan, Ghulam Ghaus.

Bantuan tersebut berupa roti naan, susu bubuk, jaket tebal, dan sepatu tersebut dikirimkan melalui jalur kereta api dari Xinjiang, wilayah di barat laut China yang berbatasan darat dengan Afghanistan. Kantor berita Cina, Xinhua melaporkan seperti dikutip MINA, Kamis (23/12).

Xinjiang berbatasan darat dengan empat provinsi di Afghanistan, yakni Badakhshan, Takhar, Kunduz, dan Baghlan. Mayoritas penduduk Xinjiang beragama Islam.

Sementara itu, PBB mengusulkan untuk memberikan dana hingga 6 Juta Dolar AS sebagai upaya perlindungan terhadap rakyat Afghanistan. Khususnya kepada para personel di Kementerian Dalam Negeri negara itu.

Saat ini, Afghanistan berada di bawah sanksi PBB dan Amerika Serikat (AS). Dana yang diusulkan tersebut rencananya dibayar pada tahun depan, sebagian besar ditujukan untuk mensubsidi upah bulanan para anggota Taliban yang menjaga fasilitas PBB. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.