Pemerintah Sudan Segera Evakuasi Warganya dari Wuhan, Cina

Khartoum, MINA- Pemerintah Sudan sedang mempersiapkan beberapa rencana untuk mengevakuasi warga negaranya yang terjebak di Wuhan, Cina. Di antaranya para mahasiswa yang sedang belajar di sana menyusul wabah virus Corona yang mematikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Transisi Sudan Letnan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan. Ia mengatakan akan mengangkut langsung warganya dengan mengunakan pesawat langsung dari Wuhan ke Khartoum. Informasi tersebut disiarkan oleh Stasiun Televisi Nasional Sudan, Senin (3/2).

Upaya diplomasi terus dilakukan oleh pemerintah Sudan melalui Kementerian Luar Negeri dengan pihak otoritas Cina. Rencana penjemputan  melibatkan kementrain terkait, diantaranya; Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan otoritas bandara Khartoum.

Selain itu, Kementrian Luar Negeri Sudan hari ini  (Rabu, 4/2) bertemu dengan Dubes Republic Rakyat Tiongkok (RRT) di Khartoum untuk membicarakan  proses evakuasi dengan instruksi Presiden Dewan Transisi Sudan.

Sementara itu, dua hari  lalu Persatuan Pelajar Sudan yang ada di Wuhan, Cina  mengirim surat permintaan evakuasi kepada pemerintah Sudan seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa negara lainnya. (L/B02/P2)