Pemerintah Sudan Tiadakan Sholat Idul Fitri 1441 H di Masjid Dan Lapangan

Khartoum, MINA –  Pasca tersebarnya Covid-19 di 18 provinsi, maka untuk mencegah semakin banyak   terpapar,  Menteri Agama & Wakaf  Republik Sudan, Dr Nasraldin Mofarah, Jum’at (22/5) sore, mengeluarkan pengumuman kepada seluruh kaum muslimin di  Sudan untuk meniadakan Sholat Idul fitri 1441 H di Masjid dan di lapangan, dengan mengantinya di rumah masing-masing

Kemudian ia mengajak kepada para ulama, Masyaikh-Masyaikh, dll untuk sama-sama berdoa minta diangkat wabah yang sedang tersebar di seluruh Sudan  ini.

Pengumuman tersebut disampaikan Kementerian Agama & Wakaf Sudan, yang langsung disiarkan oleh Stasiun TV Nasional Sudan,

Sementara itu Kementerian Kesehatan Sudan mengumumkan pertambahan kasus 235 baru,  dengan jumlah total Positif Covid-19 mencapai 3.378 orang terpapar dari hasil swab test pada tanggal 21  Mei 2020,  yang dipublikasikan pada Jum’at (22/5) malam ini.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 137  orang dan sembuh 372  orang.

Jumlah terbanyak dan merupakan zona merah  yang dinyatakan positif sudah pada tujuh provinsi, terutama  di ibu kota Khartoum, dan kota Gezira, Kordofan Utara, Qadarif, Sennar, Darfur Selatan, dan Kassala.

Provinsi Khartoum mencatat penambahan kasus baru positif sebanyak 194 orang, dari jumlah keseluruhan 2.748 orang, sedangkan yang dinyatakan sembuh per hari Jum’at  23  orang.

Sebelumnya Pemerintah Sudan melalui Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan, pada Ahad (17/5) malam, memutuskan memperpanjang dan memperketat prosedur lockdown secara nasional yang kedua kalinya, khususnya untuk Provinsi Khartoum, termasuk memperpanjang penutupan bandara hingga akhir bulan Mei ini. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)