Pemerintah Tegaskan Visa Calhaj Gelombang 1 Selesai

Jakarta, 8 Dzulqadah 1437/12 Agustus 2016 (MINA) – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umah (PHU) Kementerian Agama RI Abdul Djamil menegaskan, visa jamaah haji gelombang pertama telah selesai 100 persen untuk pemberangkatan 9-21 Agustus 2016.

Djamil mengatakan, jika ada bangku kosong penerbangan, itu bukan karena masalah visa yang belum keluar, tetapi karena faktor non teknis. Dan untuk pengurusan visa dilakukan bertahap sesuai urutan kloter.

“Ada juga penyebabnya karena sakit sehingga ditunda keberangkatannya, atau wafat. Ada juga jamaah yang belum baksin atau alasan lainnya,” ujar Abdul Djamil dari keterangan tertulis yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Jumat (12/8).

Kementerian Agama juga memastikan seluruh jamaah yang berhak dan telah memenuhi syarat, akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.

Abdul Djamil juga menjelaskan, prosedur visa tahun ini dilakukan dalam dua tahap, tahapan pertama adalah bagi jamaah jamaah gelombang kesatu, dan untuk tahap kedua bagi jamaah gelombang kedua. Prosedur tersebut dimaksudkan, untuk mencegah adanya persoalan seperti tahum sebelumnya yang pengurusan visa gelombang pertama dan kedua disatukan sehingga ada visa yang belum selesai ketika menjelang keberangkatan.

“Mereka yang telah selesai pelunasan tahal pertama, tentu masuk pengurusan di gelombang pertama sesuai urutan kloternya. Berarti jamaah kami harapkan akan berangkat sesuai dengan urutan kloter dan sesuai dengan selesainya visa,” jelasnya. (L/M09/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)