Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1441 H Jatuh Pada Jumat 24 April 2020

Jakarta, MINA – Pemerintah menetapkan 1 1441 Hijriah yang menandai dimilainta bulan puasa 2020 jatuh pada Jumat (24/4), berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama pada Kamis (23/4) sore.

Hadirin pada sidang isbat kali ini terbatas secara fisik, mengingat masih dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait wabah Corona. Undangan lainnya mengikuti sidang isbat secara online.

Rapat dipimpin Menteri Agama . Menurut Menag, sidang isbat menyepakati besok sebagai 1 Ramadhan 1441 H berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

“Akhirnya kami secara bulat menetapkan bahwa awal Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari, bertepatan dengan hari Jumat, 24 April 2020 Masehi,” ujar Fachrul Razi.

Dia menjelaskan bahwa pemantauan hilal dilakukan di 82 titik di sejumlah wilayah Tanah Air.

Rukyatul hilal ini dilaksanakan oleh petugas Kanwil provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung Berdasarkan laporan yang disampaikan tim pemantau hilal, maka diketahui bahwa terlihat bulan baru yang menandai awal Ramadhan 1441 Hijriah.

“Menurut laporan dari titik-titik rukyatul hilal posisi hilal di atas wukuf berkisar antara 2 derajat 41 menit sampai dengan 3 derajat 44 menit,” ujar Fachrul Razi.

Sebelum dilakukan sesi pemantauan, sidang juga mendengarkan paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah oleh anggota tim falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Dengan keputusan ini, maka mulai Kamis malam ini umat Muslim di Indonesia mulai melakukan shalat tarawih. Sedangkan, ibadah puasa pertama akan dilakukan besok. (L/R2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)