PEMERINTAH THAILAND AKAN TOLAK 10.000 ROHINGYA

Rohingya melarikan diri dengan menggunakan kapal (Photo: DVB)
Rohingya melarikan diri dengan menggunakan kapal (Photo: DVB)

Bangkok, 20 Dzulhijjah 1435/14 Okto2014 (MINA) – Pemerintah Thailand bersiap mencegah   kedatangan pengungsi Rohingya yang diperkirakan  sebanyak 10.000 orang  Rohingya beragama Islam yang melarikan diri karena perlakuan diskriminatif di tanah airnya, Myanmar.

“Badan Keamanan memperkirakan lebih dari 10.000 orang Rohingya akan tiba di Thailand via Ranong dan provinsi terdekat, antara bulan depan dan April tahun depan,” kata Deputi Gubernur Ranong Pinij Boonlert.

Menurut Kantor Berita Rohingya (RNA) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Selasa, arus pengungsi kelompok etnis Rohingya yang mendapat diskriminasi  di tanah airnya, biasanya meningkat antara bulan November dan April setiap tahun, setelah musim hujan berakhir.

Rohingya telah mengungsi selama bertahun-tahun dari Myanmar barat, negara bagian Rakhine, di mana mereka menghadapi penindasan di sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari oleh pemerintah yang menganggap mereka sebagai warga asing yakni warga “Bengali” dari Bangladesh.

Pinij mewakili Gubernur Ranong yang menjabat sebagai kepala Komando Operasi Keamanan Internal (ISOC) Ranong, telah memberi instruksi kepada  pemerintah-pemerintah daerah tentang cara mengatasi masalah ketibaan pendatang-pendatang ilegal dari suku Rohingya.

“Masuknya arus pengungsi Rohingya akan menambah beban yang berat untuk Thailand. Ini adalah masalah besa,.” tuturnya.

Namun dia mengatakan hukum Thailand jelas menyatakan migran ilegal harus dideportasi. Kehadiran migran ilegal dapat mengancam keamanan nasional dan meningkatkan risiko lainnya.

Selama beberapa hari terakhir, para pejabat telah menangkap lebih dari 200 Rohingya di Thailand Selatan.

Sebuah sumber memaparkan,  bahkan beberapa orang pengungsi segera melarikan diri  ke arah laut setelah melihat adanya petugas keamanan yang akan menangkapnya. “Mereka tersapu oleh gelombang dan tidak terlihat lagi. Nasib mereka tidak diketahui sampai detik ini,” ucapnyanya.

Pinij mengatakan ISOC telah ditetapkan menjadi pedoman untuk menangani masalah Rohingya.

“Kami akan memperlakukan mereka sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan, menghormati hak asasi manusia dan hukum internasional. Tapi kita harus mendeportasi mereka,” katanya.

Fokus pada perdagangan manusia

Pemerintah Thailand dikatakan juga akan focus mencari pelaku-pelaku penyelundupan dan perdagangan manusia yang mendatangkan pengungsi Rohingya ke Thailand.

Jika migran ilegal ditemukan terkait dengan penyelundupan dan perdagangan orang, penyelidikan akan dillakukan untuk menemukan agen. “Agen tersebut telah menghina hukum Thailand,” katanya.

Pinij mengatakan pihak berwenang percaya ada banyak penyelundup manusia sambil menambahkan,  pendatang ilegal  Rohingya sering ditemukan menggunakan ponsel.

Otoritas terkait berencana untuk mendidik masyarakat sehingga orang mengerti kehadiran imigran gelap bisa mempengaruhi kesejahteraan rakyat dan keamanan negara.

Pinij mengatakan sejumlah Rohingya menggunakan kapal kecil milik nelayan untuk melakukan perjalanan 1.400 km dari beberapa wilayah Myanmar Maungdaw ke Ranong.

“Mereka biasanya terlebih dulu akan bersembunyi di beberapa pulau terdekat, kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok yang sangat kecil, lalu  berperahu menyelinap ke Thailand,” katanya. (T/P004/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0