Pemimpin Asia Tengah dan UE Tegaskan Komitmen Terhadap Stabilitas Afghanistan

Para pemimpin negara di Asia Tengah dan Dewan Uni Eropa Charles Michel. (Foto: Twitter/@SamuelJsdv)

Kyrgyzstan, MINA – Para pemimpin dan Dewan (UE) telah menegaskan kembali komitmen mereka terhadap stabilitas .

Mereka juga sepakat untuk menjaga dialog tingkat tinggi dan memperkuat kerja sama di berbagai bidang selama pertemuan di Cholpon-Ata, Kyrgyzstan, demikian Xinhua melaporkan.

Hadir pada pertemuan pada Jumat (2/6) yang dipandu oleh Presiden Kyrgyz Sadyr Japarov yaitu, Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev, Presiden Tajik Emomali Rahmon, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, Wakil Ketua Kabinet Menteri Turkmenistan Nurmuhammet Amannepesov dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Mereka mengekspresikan keprihatinan bersama tentang memburuknya situasi di Afghanistan, dan menegaskan kembali komitmen untuk membuat Afghanistan menjadi negara yang aman, damai, stabil dan makmur.

Baca Juga:  Ismail Haniya Ucapkan Terimakasih Atas Rencana Pembangunan RS Ibu dan Anak di Gaza

Dalam pertemuan itu juga mereka menekankan perlunya mengintensifkan upaya memerangi terorisme dan ekstremisme.

Para pemimpin tersebut meminta masyarakat internasional meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan, menyoroti peran kunci PBB dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

Dalam menghadapi tantangan lama, dan baru, mereka menekankan pentingnya memperluas mekanisme perdagangan dan investasi bersama guna mempercepat pembangunan sosial ekonomi semua pihak.

Para pemimpin memutuskan akan bertemu secara teratur, berencana mengadakan pertemuan berikutnya sebagai KTT pertama tahun depan. Di mana pihak Uzbek telah mengusulkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan di Uzbekistan. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.