Pemimpin G20 Sepakat Perkuat Kerja Sama Pasca Covid-19

Riyadh, MINA – Para pemimpin G20 berkomitmen untuk saling membantu dan bekerjasama pada era dan pasca-COVID-19. Salah satu bentuk kerja sama adalah memastikan akses yang terjangkau dan adil atas vaksin corona.

KTT Kelompok 20, berakhir Ahad (22/11) di Riyadh. Arab Saudi, menghasilkan komitmen untuk “era pasca-COVID-19 yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif”. Anadolu melaporkan.

“Kami, para Pemimpin G20, bertemu untuk kedua kalinya di bawah Kepemimpinan Saudi, bersatu dalam keyakinan kami bahwa koordinasi, solidaritas, dan kerja sama multilateral lebih ditingkatkan saat ini daripada sebelumnya untuk mengatasi tantangan mewujudkan peluang-peluang di abad ke-21, ” demikian deklarasi.

“Kami juga berkomitmen untuk membentuk kerja sama era pasca-COVID-19 yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif,” tambah pernyataan itu.

Sementara itu, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz menyerahkan kursi kepresidenan G20 kepada Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte.

G20 dibentuk pada 1999 sebagai pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral pasca krisis keuangan Asia.

G20 terdiri dari Jerman, AS, Argentina, Australia, Brasil, Cina, Indonesia, Prancis, Afrika Selatan, Korea Selatan, India, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa serta IMF dan Bank Dunia. (T/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)