Pemimpin Hamas dan Jihad Islam Telepon Menlu Iran Ikut Belasungkawa

Pemimpin Hamas Ismael Haniyeh. (Foto: AP/Adel Hana)

Gaza, MINA – Ismail Haniyeh dan Sekretaris Jihad Islam Palestina di Gaza Ziad Al-Nakhalah menelepon Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Ahad (5/1), untuk menyatakan belasungkawa atas kematian Qassem Soleimani dalam serangan hari Jumat Amerika Serikat (AS).

Soleimani adalah komandan Pasukan Quds elit di Garda Revolusi Iran, badan yang bertanggung jawab atas kampanye militer dan ekspedisi Teheran di luar negeri.

Kepada Zarif, Haniyeh sangat memuji “peran Soleimani dalam mendukung perlawanan dan hak-hak rakyat Palestina,” kata dalam sebuah laporan yang diunggah di situs webnya, demikian Times of Israel melaporkan.

Iran secara luas diyakini signifikan mendukung sayap militer Hamas dan Jihad Islam dengan senjata dan pelatihan.

Web Hamas melaporkan, Zarif mengucapkan terima kasihnya kepada pemimpin Hamas atas teleponnya tersebut dan menyatakan bahwa Iran akan terus mendukung “hak-hak dan perlawanan rakyat Palestina untuk mempertahankan tanah dan situs-situs sucinya.”

Kematian Jenderal Soleimani menandai peningkatan besar dalam perselisihan antara AS yang Iran.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah bersumpah akan melakukan “pembalasan keras” atas pembunuhan Soleimani dan menjuluki komandan itu sebagai “wajah perlawanan internasional.” (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.