Pemimpin Mesir dan Qatar Bertemu Pertama Kalinya sejak Rekonsiliasi

Kairo – MINA,  Presiden Mesir Abdul Fattah Al Sissi bertemu dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Baghdad pada Sabtu (28/8). Pertemuan itu yang pertama kali sejak kedua negara  sepakat mengakhiri perselisihan. Qulfnews melaporkan.

Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain telah memboikot Qatar sejak 2017 lalu atas tuduhan mendukung gerakan terorisme. Tetapi Qatar menolak tuduhan tersebut.

Hubungan kedua negara mulai terjalin sejak Janurari lalu. Selanjutnya, Mesir dan Qatar saling bertukar penunjukan duta besar masing-masing pada bulan Juni dan Agustus sebagai tanda hubungan yang semakin membaik.

“Dalam pertemuan di Bagdad, Sabtu,  disepakati pentingnya melanjutkan kemunikasi dan kerja-kerja untuk memajukan hubungan antara kedua negara pada tahap berikutnya,” kata pernyataan kepresidenan Mesir.

Sementara itu, beberapa pemimpin Timur Tengah dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadiri pertemuan di Baghdad yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah sambil menekankan peran negara Arab sebagai mediator untuk mengatasi krisis, terutama di Lebanon.

Di samping itu Afganistan juga jadi agenda utama.

Kepala negara Arab yang hadir adalah Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Raja Abdullah II dari Yordania, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.  (L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.