Pemimpin Junta Militer Myanmar Akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

Naypyidaw, MINA – Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing direncanakan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4).

Kabar kehadiran Hlaing tersebut pertama kali dimuat oleh media Jepang, Nikkei Asia pada Rabu (21/4) mengutip pernyataan juru bicara junta Zaw Min Tun.

KTT yang akan dipimpin oleh Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah tersebut akan membahasa secara khusus krisis politik di Myanmar.

Sejumlah kepala negara juga akan hadir dalam KTT tersebut antara lain Presiden RI Joko Widodo, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin, PM Kamboja Hun Sen dan PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Sementara itu, kehadiran wakil pemerintah sipil Myamar atau Pemerintah bayangan Myanmar National Unitu Government (NUG) belum bisa dipastikan.

Asisten Direktur Hubungan Masyarakat ASEAN Romeo Jr Abad Arca mengatakan, undangan dikeluarkan BruneI Darussalam sebagai ketua ASEAN periode ini, bukan Sekretariat ASEAN.

“Kami tidak memiliki informasi yang spesifik atau konfirmasi tentang siapa saja yang diundang” ujarnya.

Selain itu, Pada Jumat (23/4), sepuluh Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN akan mengadakan pertemuan tatap muka sehari sebelum KTT ASEAN. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)