Pemimpin Saudi dan Turki Bahas Upaya Akhiri Krisis Qatar

Raja Salman dan Tayyip Erdogan (Foto: Istimewa)

Ankara, 27 Ramadhan 1438/ 22 Juni 2017 (MINA) – Presiden Turki, Tayyip Erdogan melakukan pembicaraan telepon dengan Raja Salman Arab Saudi dan putra mahkota yang baru. Dalam pembicaraan telepon tersebut mereka sepakat untuk melakukan upaya mengakhiri masalah ketegangan dengan Qatar, kata sumber dari kantor Erdogan, Kamis (22/6).

Turki menawarkan untuk memberikan dukungan kuat kepada Qatar setelah Arab Saudi, Mesir dan beberapa negara lainnya memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan alasan Qatar mendukung terorisme, demikian media Al Arabiya melaporkan.

Pembicaraan Erdogan dengan pemimpin Saudi itu dilakukan pada Rabu malam (21/6) dan kedua belah pihak menekankan tekad mereka untuk memperkuat hubungan Turki-Saudi. Sementara Erdogan juga mengucapkan selamat kepada Mohammad bin Salman yang telah ditetapkan sebagai putra mahkota.

“Kesepakatan telah dicapai untuk upaya mengakhiri ketegangan di wilayah yang terkait dengan Qatar,” kata sumber tersebut dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengatakan Erdogan dan Raja Salman juga sepakat untuk mengadakan pembicaraan tatap muka pada pertemuan G20 di Hamburg bulan depan. (T/B05/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)