Pemkab Karanganyar Galang Donasi untuk Palestina

Karanganyar, MINA – Aksi solidaritas untuk Palestina atas agresi lsrael di Gaza dan Yerusalem terjadi di beberapa daerah, tidak ketinggalan pula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, Jawa Tengah, menggalang bantuan untuk membantu meringankan beban warga Palestina.

Tidak hanya sekedar himbauan, bahkan aksi kemanusiaan itu dituangkan dalam surat edaran Bupati Karanganyar nomor 900/1833.1.2.2 perihal bantuan kemanusiaan.

Gerakan tersebut juga disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat apel bersama di halaman kantor Setda Karanganyar, Senin (17/5).

Menurut Juliyatmono, aksi kemanusiaan ini dimulai dari instansi internal Pemkab seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, BUMD dan lainnya.

“Saya bikin surat edaran ke instansi internal pemerintah kepada OPD, camat. untuk menggalang iuran sumbangan sukarela. Kita akan salurkan untuk membantu meringankan beban masyarakat Palestina. Ini lebih didorong oleh rasa kemanusiaan,” katanya kepada awak media usai rapat secara virtual bersama presiden.

Kata dia, berapapun jumlah donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui jaringan yang dapat terhubung hingga ke Palestina. Secara teknis, bantuan itu dapat disetorkan ke Bagian Kesra Setda Karanganyar.

“Nanti kita salurkan ke jaringan yang bisa sampai ke Palestina. Batas pengumpulan sampai 25 Mei 2021,” ujarnya.

Aksi kemanusiaan ini hanya untuk instansi internal Pemkab Karanganyar saja. Pemkab Karanganyar tidak memiliki kewenangan untuk menggalang bantuan ke instansi lain seperti instansi vertikal. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)