Pemkot Bekasi Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Bekasi, MINA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Bagian Humas Sekretaris Daerah menggelar Uji Kompetensi Wartawan () yang bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (), di Aula Nonon Sonthanie selama 3 hari Selasa-Kamis (6-8/).

Acara itu dibuka oleh Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, yang mewakili Plt. Wali Kota yang sedang menyambut tamu. Hadir juga dalam acara itu Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Direktur Eksekutif LPDS Hendrayana serta para penguji.

Dalam sambutannya,  Reny mengatakan, Pemkot Bekasi menyadari, pentingnya membangun kemitraan dan sinegritas dengan insan pers dalam memaksimalkan diseminasi informasi kepada masyarakat.

“Kota Bekasi sudah melakukan dua kali UKW. Ini adalah bukti kepedulian dan sinergitas pemerintah dengan pers. Media dapat berfungsi sebagai perantara pemerintah dengan masyarakat untuk menyampaikan informasi secara benar dan terpercaya,” ujarnya.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Tak berapa lama, Plt. Kota Bekasi Tri Ardhianto pun hadir dan melanjutkan sambutan yang disampaikan oleh sekda. Dalam sambutannya, Tri Ardhianto menyampaikan sangat senang atas digelarnya UKW untuk kedua kali ini. Dia berharap setelah UKW ini selesai, insan media terutama di seputar Pemkot Bekasi semakin baik dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

“Pemkot Bekasi sangat berkepentingan dengan teman-teman media agar bisa memberitakan kebijakan-kebijakannya. Jurnalis adalah mata dan telinga Pemkot bekasi. Sejak 2018 semua media sosial saya aktifkan kembali agar terjadi komunikasi interaktif antara warga dan pemerintah berjalan,” kata Tri.

Dia menambahkan, pihaknya terbuka untuk menerima masukan-masukan dari rakyat sekitar. “Alhamdulillah pemerintah selalu terbuka menerima masukan-masukan dari rakyat. Teman-teman jurnalis tentu mempunyai tugas mulia karena mampu memberitakan hal-hal yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, mengapresiasi upaya pemkot Bekasi, yang sudah peduli dan intens dalam mendorong meningkatkan kualitas wartawan dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemkot Bekasi. UKW ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi para wartawan di lingkungan Pemkot,” ujarnya.

Direktur Eksekutif LPDS Hendrayana mengatakan, LPDS merupakan salah satu lembaga yang mendapat mandat dari Dewan Pers untuk melakukan UKW. Uji Kompetensi Wartawan yang diamanatkan Dewan Pers memiliki tujuan untuk “memuliakan” wartawan.

Meski pembukaan acara itu waktunya agak mundur, tapi tidak menyurutkan semangat para peserta UKW untuk terus mengikuti acara demi acara. Jumlah peserta UKW sekitar 20 orang yang berstatus sebagai wartawan dari berbagai media lokal maupun nasional, dan sudah terseleksi.(L/R4/RS3)

Baca Juga:  UIN Ar-Raniry Diharapkan Jadi Penggerak Moderasi Beragama

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.