Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Antisipasi Ancaman Megathrust

Zaenal Muttaqin Editor : Widi Kusnadi - Senin, 2 September 2024 - 07:37 WIB

Senin, 2 September 2024 - 07:37 WIB

287 Views

Kawasan gempa Megathrust di Indonesia (Pusgen 2017) (Foto: Istimewa/its.ac.id)

Semarang, MINA – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan seluruh instansi dan masyarakat, untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa dan tsunami akibat ancaman Megathrust.

Surat Edaran Nomor 360.0/2094 tertanggal 28 Agustus 2024 tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno.

Surat ini diterbitkan sebagai respons atas informasi yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai zona megathrust yang tersebar di wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Tengah.

“Kami telah mengambil langkah mitigasi bencana. Setelah mendapatkan informasi dari BMKG, kami langsung menyampaikan surat edaran kepada pemerintah kabupaten dan kota agar segera melakukan tindakan mitigasi,” kata Sumarno kepada awak media, Ahad (1/9/).

Baca Juga: Pimpinan MINA dan MER-C Diskusi Peningkatan Sinergi

Sumarno juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berdoa agar bencana tidak terjadi.

“Khususnya bagi warga di wilayah yang berhadapan langsung dengan zona megathrust, seperti di Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri,” tambahnya.

Dalam surat edaran tersebut, Pemprov Jateng mengimbau seluruh instansi dan masyarakat untuk bersiap menghadapi potensi bencana akibat seismic gap di zona megathrust Pantai Selatan Jawa Tengah.

Instansi terkait diminta untuk memastikan kesiapan alat peringatan dini, sistem komunikasi kebencanaan, serta memeriksa ketersediaan tempat evakuasi yang aman dan bebas dari risiko bencana.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta: Cerah Berawan dan Hujan Ringan Kamis Ini

Sumarno menekankan pentingnya edukasi dan simulasi bencana bagi masyarakat.

“Pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk meningkatkan edukasi, sosialisasi, dan literasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana, serta melakukan simulasi penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi dan tsunami,” tuturnya.

Ia menambahkan, koordinasi kesiapan mekanisme tanggap darurat dan simulasi rencana kontingensi juga perlu ditingkatkan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Surat edaran ini juga menginstruksikan peningkatan koordinasi dengan BMKG terkait pemantauan cuaca dan aktivitas seismik, baik melalui situs resmi maupun media lainnya.

Baca Juga: BRIN Dorong Inovasi Tangani Sampah Plastik di Laut

Dengan langkah-langkah tersebut, Pemprov Jateng berharap kesiapsiagaan masyarakat dan instansi terkait, dapat terus ditingkatkan untuk menghadapi potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kemenag Kembangkan Terjemahan Al-Quran ke Bahasa Daerah

Rekomendasi untuk Anda