Pemprov Tuntaskan Struktural Masjid Terapung Gedebage Tahun Ini

Desain Masjid Terapung Gedebage, Bandung, Jawa Barat.(Foto: Bandung.co)
Desain Masjid Terapung Gedebage, Bandung, Jawa Barat.(Foto: Bandung.co)

Bandung, 4 Rabi’ul Akhir 1437/14 Januari 2016 (MINA) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan pihaknya dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili BBWS Citarum menyepakati melanjutkan proses pembangunan Masjid Monumental Pemprov Jabar.

Dia menargetkan fisik struktur masjid terapung Gedebage, Bandung tuntas tahun ini, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (14/1).

“Pemprov bertanggung jawab membebaskan lahan. Untuk desain keahliannya Pak Walikota. Sehingga alhamdulillah tahun ini kita bisa mulai pembangunannya,” katanya usai rapat pembahasan Rencana Pembangunan Danau dan Masjid Terapung Gedebage dan Penataan Fasilitas Olahraga di GOR Saparua Bandung di Ruang Ciremai Gedung Sate Bandung, Rabu kemarin.

Pihak Kementerian sendiri menurutnya akan membangun danau retensi seluas 10 hektar yang akan menjadi penampang masjid seluas 1 hektar tersebut.

Pemprov sendiri sudah berhasil membebaskan lahan seluas 5 hektar pada 2015 lalu dan akan kembali melanjutkan pada 2016 ini. “Danau akan dikerjakan oleh swasta. BBWS nanti akan menyodet sungai, sehingga sungai di beberapa tempat tidak banjir dan airnya mengalir ke danau,” paparnya.

Tahun lalu dana yang tersedot untuk pembebasan lahan mencapai Rp120 miliar, Pemprov mengalokasikan lagi pada 2016 ini sebesar Rp 75 miliar. “Kita sudah anggarkan lagi sehingga di 2016 tanah yang diharapkan Kementerian untuk danau bisa kita tuntaskan. Jadi sudah hampir Rp 200 miliar untuk lahan,” katanya.

Selanjutnya tinggal Walikota Bandung memberi catatan dan masukan desainnya pada kementerian, agar pusat bisa memasukan anggaran konstruksi danau tersebut pada tahun ini.

“Konstruksi masjid itu DED-nya lagi dibuat. Konstruksi mulai tahun ini, struktur ya, itu sudah kita alokasikan Rp 90 miliar. Selesainya Desember 2016 baru struktur, bangunan lebih mahal lagi. Ini karena pembangunannya bertahap,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menambahkan Danau Buatan Gedebage tersebut akan memiliki tiga fungsi, yakni sebagai tempat cadangan air minum, mencegah banjir dan fungsi sosial seperti menjadi tempat wisata.

Bukan  hanya  unik,  masjid ini pun diyakini  akan  menjadi  yang terbesar  di Jawa Barat karena luasnya mencapai satu  hektare  di atas danau yang rencananya akan dibuat seluas sepuluh hektare.  Bila  sudah terwujud, masjid ini akan melebihi luas  Masjid  Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang luasnya 8.575 meter persegi. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)