Pemuda Berperan Penting Sebarkan Nilai Perdamaian dan Toleransi

Jakarta, 2 Safar 1438/2 November 2016 (MINA) – Mantan Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao mengatakan, di era ini pemuda sangat berperan penting dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi dan perdamaian.

“Media sosial saat ini banyak dikuasai oleh anak-anak muda, sehingga perlu adanya kerjasama yang mengarah ke perdamaian yang juga dapat meningkatkan martabat manusia,” ujar Xanana pada sidang pertama dalam acara (WPF) ke-6 di Jakarta, Rabu (2/11).

Ia mengatakan, peradaban manusia menghadapi tantangan yang tak terbayangkan. Manusia mampu mengembangkan teknologi canggih, namun belum mampu menemukan solusi yang sebenarnya, yakni dalam masalah-masalah kemanusiaan.

Xanana percaya, forum seperti ini dapat memberikan kontribusi guna meningkatkan kesadaran bagi para pemuka, sehingga dapat bekerja secara kolektif untuk melawan tindakan-tindakan radikal.

, Cheng Ho Multi Culture Education Trust of Malaysia dan the Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisation (CDCC)  menyelenggarakan World Peace Forum yang ke-6 pada 1-4 November 2016 di Jakarta, .

WPF diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak 2006 yang terdiri dari 200 anggota dari seluruh dunia. Mereka adalah pemuka agama, intelektual, politisi, dan aktivis dari berbagai dunia.(L/P008/R04/R01)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.