Pemuda Palestina Gugur Jelang Aksi Besar Setahun Protes Perbatasan

Mohammed Saad (21) gugur terkena pecahan peluru tentara Israel di kepalanya pada Sabtu pagi, 30 Maret 2019. (Foto: Khalil Hamra/AP)

Gaza, MINA – Seorang pemuda Palestina gugur oleh tembakan Israel di pagar Gaza Sabtu pagi (30/3), beberapa jam sebelum protes massa yang direncanakan memperingati setahun aksi Great March of Return dan Hari Tanah Palestina.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan, Mohammed Saad (20) meninggal setelah kepalanya terkena pecahan peluru tembakan tentara Israel di sebelah timur Gaza City.

Para pengunjuk rasa di lokasi itu mengatakan, Saad mengambil bagian dalam demonstrasi malam menjelang demonstrasi besar-besaran yang dijadwalkan Sabtu sore, demikian Press TV melaporkan.

Reli besar akan diadakan pada peringatan tahun pertama protes Great March of Return yang telah diadakan setiap pekan sejak 30 Maret tahun lalu.

Palestina ingin mengakhiri pendudukan Israel atas tanah mereka. Mereka juga menuntut kembalinya para pengungsi Palestina ke tanah air mereka yang kini dikuasai oleh pendudukan Israel.

Menjelang protes, tentara dan tank Israel dikerahkan di dekat pagar yang memisahkan wilayah-wilayah pendudukan dari Jalur Gaza yang diblokade.  (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)