Pendaftaran Haji Domestik Sudah Dibuka

Jamaah haji melakukan tawaf perpishan selama haji. (Foto: SPA/Twitter)

, MINA – Kementerian dan Umrah Saudi telah mengumumkan awal pendaftaran dan struktur biaya empat paket jamaah domestik untuk ibadah haji tahun 2024. Akan ada empat paket dengan biaya berkisar antara SR4,099 dan SR13,265.

Warga negara Saudi dan ekspatriat di Kerajaan yang ingin menunaikan ibadah haji tahunan dapat mendaftar melalui aplikasi Nusuk dan situs web kementerian melalui tautan http://Localhaj.haj.gov.sa. Saudi Gazette melaporkan, Ahad (11/2).

Kementerian mengungkapkan rincian empat paket yang tersedia untuk jemaah domestik. Paket pertama tersedia harga SR10,366.10 dengan jatah kamp yang dirancang untuk memberikan layanan kelas atas dan tingkat kenyamanan bagi jamaah, sedangkan penerima manfaat paket kedua akan diberikan kamp perhotelan di Mina dengan harga SR10.366,10. SR8,092.55.

Jamaah yang memilih paket ketiga harus membayar tarif tertinggi sebesar SR13.265,25 dan akan mendapatkan akomodasi di salah satu dari enam menara di Mina yang lokasinya dekat dengan Jembatan Jamarat.

Jamaah haji domestik akan mendapatkan layanan dalam kisaran ekonomi di bawah paket keempat dengan harga terendah SR4,099.75. Semua harga tersebut sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), namun belum termasuk biaya transportasi dari dan ke Makkah melalui jalur darat atau udara.

Kementerian menjelaskan, biaya angkutan dari dan ke Makkah akan ditambah harga paket pertama dan kedua, sedangkan biaya angkutan di Tempat Suci Mina, Arafat dan Muzdalifah dengan kereta atau bus Mashair ditambah sesuai lokasi kamp, selain biaya transportasi ke dan dari tempat berkumpul.

Pada paket ketiga, transportasi antar Tempat Suci hanya akan dilakukan melalui kereta Mashair. Sedangkan untuk paket keempat ditambah biaya transportasi dari tempat tinggal jamaah haji di Makkah menuju lokasi Mina untuk melakukan rajam di Jamarat dengan perjalanan naik bus kemudian naik kereta Mashair pada hari Tashreeq (11, 12 dan 13 Dzulhijjah). (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)