Peneliti Palestina di Spanyol Temukan Obat Kanker Pankreas

(Foto: IUG)

, MINA – di Universitas Barcelona, Baraa Abu Asaker, memperoleh paten untuk senyawa yang dirancang buat mengikat protein yang bertanggung jawab atas munculnya kanker pankreas.

Abu Asaker mengatakan, dalam pernyataan medianya, “fungsi senyawa ini adalah untuk menghambat aksi protein karsinogenik,”. Konjugat penyembuhan ini telah menghasilkan persentase 80% dalam membunuh sel kanker, tanpa efek pada sel alami.”

Penemuannya yang dipatenkan bertajuk “p1.3 peptidomimetic”, sebuah konjugat yang dirancang untuk mengikat protein yang bertanggung jawab atas munculnya kanker pankreas. Fungsi konjugat ini adalah untuk menghambat kerja protein karsinogenik.

Penyembuhannya tercapai setelah dua tahun penelitian berturut-turut oleh Abu Assaker yang melakukan eksperimen ekstensif di departemen “Biomedical/Klinik Rumah Sakit” di Fakultas Kedokteran di Universitas Barcelona.

Pada 18 Februari 2022, paten obat tersebut didaftarkan di perusahaan farmasi Spanyol “Bosch i Gimpera”

Peneliti Abu Asaker adalah penduduk Jalur Gaza, dan dia lulus dari Universitas Islam Gaza pada 2016. Setelah lulus, dia diangkat sebagai asisten pengajar selama satu tahun, dan pada tahun 2019 dia memperoleh gelar master dari Universitas Barcelona.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)